Monday, March 18, 2013

Tahapan jenis makanan MPASI

Mpasi 6 bulan dimulai dengan :
Serealia : Aneka beras (merah, putih, hitam) kalau bisa organik, havermut dicampur Asi/susu formula.
Sayuran dan umbi-umbian : Wortel, bayam, brokoli, ubi merah, ubi kuning, kentang, labu parang, labu kuning, kabocha, zuchinni.
Buah : Pisang ( ambon, raja bulu, raja sereh), pear, apel, alpukat, pepaya california, melon, semangka, jeruk baby, jambu biji merah, belimbing manis. Untuk pear dan apel harus dikukus saat usia 6-7 bulan dan bertahap makan langsung saat 8 bulan.
Biji-bijian : Kacang hijau
Protein : Tahu, tempe, daging merah, ikan salmon, tuna, dan jenis ikan lainnya.
Bumbu alami (minimalisir gula dan garam).
- Mpasi 7 bulan.
Serealia : Aneka beras (merah, putih, hitam), oatmeal.
Sayuran : Kentang, timun, kacang polong (pilih yang frezze bukan yang kalengan).
Buah: Timun suri, blewah.
Protein : Tahu, tempe, ayam, ati ayam, daging merah.
Bumbu alami.
- Mpasi 8 bulan.
Serealia : Aneka beras (merah, putih, hitam) struktur mulai padat, gandum, cracker, roti tawar, roti gandum, teething biscuit, pasta/mie tanpa telur.
Sayuran: Bit, lobak, wortel, sawi hijau, bayam, brokoli, kembang kol, asparagus, kacang kedelai, labu siam, buncis, seledri.
Buah: Mangga, peach, aprikot.
Protein: Daging sapi, ayam, kuning telur, salmon, tuna, tenggiri dan jenis ikan lainnya.
Produk susu : Keju cheddar, yoghurt (plain).
Bumbu alami.
- Mpasi 9 bulan.
Beras dengan struktur padat dan dapat dikunyah.
Sayuran : Kangkung, ubi jalar, bokcoy.
Protein : Ikan patin, hati sapi.
Biji-bijian : Kacang merah.
- Mpasi 10 – 11 bulan.
Semua jenis beras, pasta non telur, roti tawar, bihun, tepung hunkue, makaroni.
Sayuran: Kacang panjang, kacang capria, tomat, toge, jamur (shitake dan merang).
Buah: Nanas, kiwi, melon, jeruk kismis.
Protein: Kuning telur.
Biji-bijian: Kacang kedelai.
- Mpasi 12 – 24 bulan.
Semua jenis beras.
Sayuran: Jagung, seledri, daun selada, bawang bombay, sayur lalapan.
Buah: Sitrus, lemon, jeruk bali, jeruk limo, strawberry, raspberry, blueberry, kurma, cherry, anggur dan jenis buah tanpa masak.
Protein: Daging, ikan, telur utuh.
Produk susu : susu sapi segar, UHT, yoghurt plain, ice cream.
Madu, selai kacang dan rempah-rempah serta jenis makanan lain yang sama dengan makanan keluarga dan menggunakan alat makan sendiri.

http://momcel.wordpress.com/2012/07/10/jelang-mpasi-eyza/


♥ pt.






































No comments:

Post a Comment